Techno

2 Cara Auto Shutdown atau Shutdown Otomatis Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

×

2 Cara Auto Shutdown atau Shutdown Otomatis Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

Share this article

Jam kerja yang padat kadang-kadang membuat kita lupa untuk mematikan komputer atau laptop setelah selesai digunakan. Hal tersebut tentu saja akan memakan waktu dan juga memboroskan energi listrik. Namun jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kami akan memberikan 2 cara auto shutdown atau shutdown otomatis windows tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini penjelasannya:

Cara 1: Menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan auto shutdown pada windows adalah dengan menggunakan command prompt. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka command prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “cmd” pada kotak dialog dan tekan enter.
  2. Ketikkan perintah “shutdown -s -t 1800” pada command prompt. Angka 1800 pada perintah tersebut menunjukkan waktu dalam detik, sehingga dalam contoh ini, komputer akan otomatis mati setelah 30 menit.
  3. Setelah itu, tekan enter dan komputer akan otomatis mati setelah waktu yang ditentukan.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat mematikan komputer atau laptop secara otomatis tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Selain itu, Anda juga dapat menentukan waktu yang diinginkan untuk melakukan auto shutdown sesuai dengan kebutuhan.

Cara 2: Menggunakan Task Scheduler

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk melakukan auto shutdown pada windows adalah dengan menggunakan Task Scheduler. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Task Scheduler dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “taskschd.msc” pada kotak dialog dan tekan enter.
  2. Klik kanan pada “Task Scheduler Library” dan pilih “Create Basic Task”.
  3. Beri nama pada tugas yang akan dibuat, misalnya “Auto Shutdown”.
  4. Pilih waktu dan tanggal untuk melakukan auto shutdown.
  5. Pilih “Start a program” dan ketikkan “shutdown” pada kolom program/script.
  6. Ketikkan “-s -t 1800” pada kolom Add arguments (optional). Angka 1800 menunjukkan waktu dalam detik, sehingga dalam contoh ini, komputer akan otomatis mati setelah 30 menit.
  7. Klik “Finish” untuk menyelesaikan pembuatan tugas.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat mematikan komputer atau laptop secara otomatis tanpa harus melakukan perintah manual setiap kali ingin mematikan komputer. Selain itu, Anda juga dapat menentukan waktu yang diinginkan untuk melakukan auto shutdown sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Dengan 2 cara auto shutdown atau shutdown otomatis windows tanpa aplikasi tambahan di atas, Anda dapat mematikan komputer atau laptop secara otomatis tanpa harus melakukan perintah manual setiap kali ingin mematikan komputer. Selain itu, Anda juga dapat menentukan waktu yang diinginkan untuk melakukan auto shutdown sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati kemudahan dalam mengelola waktu Anda.