Techno

Cara Menambahkan Opsi Control Panel pada Context Menu Windows Mudah

×

Cara Menambahkan Opsi Control Panel pada Context Menu Windows Mudah

Share this article

Jika Anda sering menggunakan Control Panel untuk mengatur pengaturan di Windows, maka mungkin Anda pernah merasa kesulitan dalam membuka Control Panel. Salah satu cara untuk mempermudah akses ke Control Panel adalah dengan menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows dengan mudah.

Langkah 1: Membuka Registry Editor

Untuk menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows, pertama-tama Anda perlu membuka Registry Editor. Anda dapat membuka Registry Editor dengan menekan tombol Windows + R, kemudian mengetik “regedit” dan menekan Enter. Atau, Anda juga dapat membuka Registry Editor dengan mencari “regedit” di menu Start.

Langkah 2: Membuat Key Baru

Setelah membuka Registry Editor, langkah selanjutnya adalah membuat key baru. Untuk melakukan hal ini, pertama-tama Anda perlu menavigasi ke lokasi berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell

Selanjutnya, klik kanan pada bagian “shell” dan pilih “New” > “Key”. Beri nama key baru tersebut “Control Panel”.

Langkah 3: Menambahkan Value

Setelah membuat key baru, langkah selanjutnya adalah menambahkan value. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada key “Control Panel” yang baru saja Anda buat, pilih “New” > “String Value”. Beri nama value tersebut “Icon”.

Kemudian, klik kanan pada value “Icon” tersebut dan pilih “Modify”. Masukkan nilai berikut:

%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll

Langkah 4: Menambahkan Command

Setelah menambahkan value, langkah selanjutnya adalah menambahkan command. Untuk melakukan hal ini, klik kanan pada key “Control Panel” yang baru saja Anda buat, pilih “New” > “Key”. Beri nama key baru tersebut “command”.

Kemudian, klik kanan pada key “command” tersebut dan pilih “Modify”. Masukkan nilai berikut:

%SystemRoot%\system32\control.exe

Langkah 5: Selesai

Sekarang, Anda sudah berhasil menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows. Untuk mengakses Control Panel, Anda cukup klik kanan pada desktop atau folder kosong, maka Anda akan melihat opsi “Control Panel” pada context menu.

Kesimpulan

Menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows dapat mempermudah akses ke Control Panel. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menambahkan opsi Control Panel pada context menu Windows dengan mudah. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya pada kami.