7 Menu Suzukien Asakusa: Menyediakan 7 Level Matcha Berbeda

Suzukien Asakusa

Kuliner Jepang tidak bisa lepas dari matcha yang merupakan teh hijau asli Jepang dan diolah dengan metode khusus. Oleh sebab itu, jika Anda pergi ke Jepang jangan lupa untuk mampir ke toko camilan yang menjual beragam makanan dari matcha, seperti di Suzukien Asakusa.

Di toko ini, pengunjung bisa menikmati beragam variasi matcha yang sudah diolah menjadi gelato. Sebagai negara empat musim, bisa menjadi alternatif bagi penggemar es krim saat musim panas. Tentunya gelato yang dibuat menggunakan campuran teh hijau yang menjadi ikon di Suzukien.

Sekilas Tentang Suzukien Asakusa

Suzukien di Asakusa ini merupakan kedai camilan yang terlahir atas kerjasama 2 perusahaan ternama. Perusahaan pertama adalah Nanaya yang merupakan pabrik manisan matcha terkenal di dunia. Sedangkan perusahaan kedua adalah Suzukien yang merupakan kedai teh legendaris di Tokyo.

Kedai teh ini sudah berdiri sejak 1853, sehingga kualitas teh matcha yang dihasilkan sangat baik dan bebas campuran. Matcha yang digunakan ditanam di daerah Okaebe Cho agar daunnya berkualitas. Suzukien Asakusa didirikan pada tahun 2006, tepatnya di pusat wisata Asakusa.

Lokasi Suzukien Asakusa

Suzukien terletak tidak jauh dari kuil legendaris Sensoji, tepatnya di daerah wisata Asakusa yang ada di Kota Taito, Tokyo. Kalau sedang berwisata di Kuil Sensoji, cukup berjalan kaki sekitar 200 meter untuk sampai ke lokasi.

Gerai ini memiliki ciri khas dari pamfletnya yang menggunakan warna hijau khas matcha. Karena menggunakan pintu kaca, maka susunan gelato bisa dilihat dari luar ruangan sebagai penandanya.

Keunikan dan Daya Tarik

Dari luar kedai, Suzukien ini terlihat sama saja dengan kedai lain di sekitarnya. Namun saat Anda sudah memasuki ruangan dan memesan beberapa menu, barulah keunikannya bisa dirasakan. Beberapa keunikan tersebut yang tidak bisa ditemukan pada kedai matcha lainnya adalah:

1. Menyediakan 7 Level Matcha Berbeda

Induk perusahaan, yakni Suzukien memang sudah dikenal sebagai ikon matcha terkaya di dunia. Tidak heran kalau anak perusahaannya juga menawarkan produk makanan berupa matcha yang sangat lengkap dan bervariasi.

Bahkan ada 7 variasi matcha berbeda yang bisa dicoba oleh pelanggan, baik untuk dibeli ataupun dimakan langsung dalam bentuk gelato. Variasi tersebut dibedakan dengan label nomor, mulai dari level 1 sampai 7.

Warna hijau setiap level juga berbeda, mulai dari hijau muda sampai hijau tua yang sangat pekat. Semakin pekat warna hijaunya, maka tingkat matcha juga sangat tinggi dan kental, sehingga memberikan sensasi rasa agak pahit.

Khusus untuk level nomor 7 premium, rasanya adalah paling pas dibandingkan jenis lainnya karena sudah diolah dengan racikan yang pas. Tidak heran jika level 7 ini tidak dijual dalam bentuk bubuk untuk dibawa pulang.

2. Memberikan Pengalaman Terkait Barang-barang Pengolah Matcha

Saat memutuskan untuk menikmati gelato matcha di dalam ruangan, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan beragam peralatan tradisional untuk mengolah matcha. Mulai dari teko untuk teh, pengocok teh atau chase, hingga Kyushu.

Peralatan ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi wisatawan asing yang datang, sehingga tahu alat pengolahan teh yang aman dan sederhana.

3. Menawarkan Matcha Versi Kemasan Sebagai Oleh-Oleh

Di dalam ruangan juga terpajang banyak matcha bubuk yang sudah terbungkus dalam kemasan yang cantik. Biasanya matcha yang sudah dimasukkan kemasan ini dijual sebagai oleh-oleh, yang bisa dibawa pulang ke tempat asal pengunjungnya.

4. Menjual Souvenir Nodate Sebagai Pengocok Teh Hijau yang Unik

Tidak hanya matcha dalam kemasan cantik, beberapa souvenir khas Suzukien juga dijual di sini. Salah satunya adalah wadah pengocok teh hijau yang bentuknya cantik dan sangat unik.

Wadah ini bisa membantu konsumen untuk mengolah sendiri matcha yang dibeli di kedai. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mau membawa oleh-oleh matcha karena tidak bisa mengolahnya sendiri.

Beragam Menu yang Ditawarkan

Suzukien Asakusa adalah kedai khusus yang hanya menjual menu gelato saja bagi pelanggannya. Tidak heran apabila interiornya hanya terdiri dari beberapa bangku yang menampung 20 orang saja. Gelato sendiri memiliki tampilan seperti es krim, namun isinya lebih padat dan teksturnya lembut.

Selain itu, gelato juga bisa disajikan dengan suhu yang agak panas tanpa khawatir leleh. Berbeda dengan es krim yang harus disajikan dalam keadaan dingin agar tidak leleh.

Sebagai kedai gelato bertema teh hijau, menu yang ditawarkan tentu tidak hanya gelato rasa matcha saja. Ada beberapa rasa lainnya juga di sini, yaitu:

1. Matcha Gelato

Sebagai salah satu kedai matcha terlengkap, gelato rasa matcha yang disediakan oleh Suzukien Asakusa memiliki 7 level yang bisa dipilih. Mulai dari level 1 yang tingkat kepekatannya sangat rendah, hingga level 7 yang aromanya sangat terasa dan campurannya sangat sedikit.

2. Genmaicha Gelato

Genmaicha gelato juga terbuat dari teh hijau. Perbedaannya, gelato ini sudah dicampur dengan beras merah panggang yang memiliki rasa khas. Jadi, aroma dan rasanya merupakan perpaduan teh dengan beras merah yang manis.

3. Dainagon Azuki Gelato

Dainagon Azuki adalah kacang merah asli Jepang yang memiliki rasa manis serta kaya akan khasiat. Sebagai terapi kesehatan, gelato rasa dainagon azuki ini patut dicoba karena di dalamnya banyak mengandung protein, kalium, vitamin B, serta nutrisi lainnya yang pastinya rendah lemak.

4. Hojicha Gelato

Hojicha Gelato ini juga menggunakan bahan utama teh hijau. Namun, hojicha tergolong teh ringan karena merupakan hasil panen teh yang terakhir. Ciri khas gelato ini terdapat pada aroma tehnya yang tidak terlalu keras dan segar, namun cukup menenangkan.

5. Gelato Teh Hitam Jepang

Rasanya persis dengan teh hitam Jepang pada umumnya. Hanya saja rasanya tidak terlalu keras karena teh ini sudah disangrai terlebih dahulu sebelum diolah. Pengunjung yang tidak suka the, masih bisa mencoba gelato jenis teh hitam ini.

6. Gelato Wijen Hitam

Wijen hitam biasanya disajikan dalam es krim yang dijual di Jepang. Tetapi, kali ini wijen hitam diolah menjadi gelato yang sangat manis dan beraroma khas wijen.  Karena sudah diolah, tentu wijen ini memiliki tekstur yang sangat halus dan lezat saat disantap.

Jika Anda penggemar matcha, wajib mampir ke Suzukien Asakusa ketika sedang berwisata ke Jepang. Rasakan sendiri gelato buatan Jepang yang teksturnya sangat lembut dan lezat. Jika sedang mencari oleh-oleh khas Jepang, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.