Chakura Asakusa: 5 Menu Favorit yang Ditawarkan, Hot Matcha Latte

Chakura Asakusa: 5 Menu Favorit yang Ditawarkan, Hot Matcha Latte

Sebagian besar negara yang memiliki empat musim seperti Jepang, tidak banyak yang menjual makanan dingin, terlebih saat musim salju. Namun, apabila Anda berencana pergi ke Asakusa, ada kafe es krim Chakura yang menyajikan beragam makanan dingin berupa es krim ataupun es serut.

Walaupun hanya menjual aneka minuman dingin dan beberapa jenis makanan lainnya, kafe ini memiliki ruangan kecil yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Dengan demikian, wisatawan bisa istirahat di sini sambil menikmati aneka hidangan manis.

Sekilas Tentang Chakura

Chakura merupakan salah satu kafe sederhana yang menyajikan beragam camilan dingin dan manis. Karena letaknya berada di pusat wisata Asakusa, tidak heran jika sebagian besar menu yang disajikan menggunakan bahan matcha.

Ini dilakukan untuk menarik wisatawan yang penasaran dengan rasa matcha di negara asalnya, yakni Jepang.

Sebagai salah satu kafe camilan dingin, kedai ini sangat ramai dikunjungi pelanggan baik yang dari luar negeri ataupun warga lokal. Bahkan saat musim panas, barisan antrean di kafe akan sangat panjang dan menjadi pusat perhatian.

Lokasi Kafe

Chakura berlokasi di pusat wisata Asakusa, tepatnya di Kota Taito. Letaknya berdekatan dengan pusat belanja oleh-oleh Nakamise, sehingga sangat mudah ditemukan. Kalau berada di Kuil Sensoji, maka bisa menemui kafe makanan dingin ini dengan berjalan kaki hanya 3 menit.

Bangunannya sangat mudah ditemukan karena ada label Chakura di depan toko yang berlatar warna putih. Apabila tidak bisa membaca tulisan Jepang, penandanya adalah desain toko yang sangat klasik dengan pintu kayu pada bagian depannya.

Menu yang Ditawarkan

Secara umum, menu yang ditawarkan di sini adalah camilan dingin dari berbagai es, hingga beberapa minuman manis lainnya. Beberapa di antaranya yang cukup banyak diminati pelanggan adalah:

1. Es Krim Matcha

Sesuai namanya, es krim matcha menggunakan bahan matcha yang diolah langsung dalam kedai. Konsumen bisa memesan es krim dalam cup atau cone. Es krim matcha ini bisa dipadukan dengan rasa coklat atau susu agar rasanya lebih lembut.

2. Es Serut Matcha

Menu ini termasuk menu favorit yang menjadi andalan kafe. Es serut yang disajikan dihidangkan dengan sangat apik menggunakan tempat yang unik dan 2 sendok cantik. Tidak seperti es putar yang ada di Indonesia, es serut khas Jepang ini memiliki tekstur yang sangat lembut.

3. Es Krim Float

Es krim float biasanya disukai oleh wisatawan yang datang dari Eropa. Sama seperti krim float pada umumnya, ada banyak kreasi rasa yang bisa dicoba. Tentunya yang menjadi pilihan banyak wisatawan adalah krim float rasa matcha.

4. Hot Matcha Latte

Walaupun tempat ini terkenal sebagai kedai makanan dingin, ternyata di dalamnya juga ada menu minuman hangat. Salah satunya adalah hot matcha latte yang menjadi favorit pelanggan saat musim dingin.

5. Matcha With Sake

Minuman yang satu ini justru menjadi pilihan wisatawan lokal Jepang, di mana sake sudah menjadi minuman wajib mereka. Bagi penggemar alkohol, ada minuman matcha yang sudah dicampur sake, sehingga rasanya unik dan tentunya memberi efek memabukkan bagi yang belum terbiasa.

Daya Tarik Chakura

Selain memberikan menu camilan dingin yang segar dinikmati saat musim panas, ada banyak sekali daya tarik dari kafe ini, sehingga mengundang banyak turis untuk mampir. Beberapa daya tarik tersebut di antaranya:

1. Menggunakan Air dan Es Alami

Saat mendekati kafe, di bagian depan pengunjung sudah disambut dengan tulisan es yang aman dengan bahan alami. Inilah salah satu daya tarik yang membuat banyak pengunjung penasaran dengan rasanya.

Semua es dan minuman yang disediakan di sini menggunakan bahan air dan es alami yang langsung diambil dari alam. Agar pengunjungnya percaya dengan bahan es yang alami di kafe ini, dalam ruangan sudah tersedia video dokumentasi yang bisa diputar pada layar.

Dalam layar tersebut ada video dokumentasi terkait proses pengambilan es dari pegunungan es yang masih alami tanpa proses pencampuran bahan lainnya. Dengan begitu, tentu rasa es yang disajikan jauh lebih segar dan aman untuk dikonsumsi.

2. Pelayanan Ramah

Daya tarik lainnya yang cukup menarik wisatawan mancanegara adalah pelayanan kafe yang sangat ramah. Ini sesuai dengan budaya tradisional Jepang yang sangat ramah dan menghormati tamunya. Tidak heran jika wisatawan dari Eropa yang cenderung individualis merasa nyaman di kafe ini.

3. Menu Asli Buatan Sendiri

Tidak hanya bahannya yang alami dan natural, proses pembuatan es dan minuman lainnya juga dilakukan secara manual. Di sini ada petugas pengolah minuman yang khusus bekerja di dapur. Jadi, menu yang ditawarkan semua dibuat dengan peralatan manual, bukan mesin.

4. Terdapat Pajangan Alat Serut Es Manual

Es serut termasuk menu favorit dan cukup tradisional di Jepang. Untuk menciptakan ruangan yang nyaman, Chakura menampilkan sebuah alat serut manual yang dipajang sebagai hiasan. Model alat serut inilah yang digunakan untuk menyerut es menjadi irisan yang lembut dan segar.

5. Ornamen Ruangan Klasik yang Fotogenik

Demi menekankan kesan natural dan klasik pada ruangan, ornamen yang digunakan di dalam sangat unik dan fotogenik. Misalnya beberapa gambar kartun kuno atau anime ala Jepang pada dindingnya. Ada juga payung merah yang ditempel pada dinding yang menekankan kesan khas Jepang.

Area lorong menuju ruangan yang penuh ornamen ini biasanya menjadi spot foto para turis yang mampir sebagai kenangan. Penggunaan dinding dan bangku kayu di area ini juga sangat kental dengan suasana klasik Jepang.

Apabila Anda berencana berlibur ke Jepang, Chakura bisa masuk dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Tentunya sambil menyaksikan keindahan Kuil Sensoji yang legendaris dan terkenal di Jepang.