Kafe Tengoku Asakusa: Pancake adalah Menu Andalan

Tengoku Asakusa

Jepang tidak hanya terkenal dengan kecanggihan teknologinya, namun juga budayanya yang unik, baik dari segi pakaian, kebiasaan, bentuk rumah, hingga makanan. Saat berkunjung ke Asakusa, Anda bisa menikmati keindahan budaya Jepang sambil menikmati hidangan di kafe Tengoku.

Kafe ini tergolong kecil, bahkan ruangannya hanya bisa menampung kurang dari 20 orang. Tetapi kelezatan pancake khas Jepang bisa membuat pengunjung ketagihan untuk kembali. Kafe ini juga dilengkapi dengan berbagai souvenir yang bisa dibeli untuk oleh-oleh keluarga yang ditinggalkan.

Seputar Kafe Tengoku

Kafe ini didirikan oleh seorang wanita bernama Ibu Ueno. Kafe ini diberi nama Tengoku yang berarti surga. Inspirasi nama ini muncul dari Ibu Ueno saat ia membayangkan betapa lucunya jika nama kafe diberi nama surga.

Saat orang bercakap-cakap dengan temannya dan mengajak mampir ke kafe ini, maka yang diucapkan seakan-akan mengajak orang ke surga yang bisa ditemukan setelah manusia meninggal. Padahal, surga yang dimaksud adalah kafe Tengoku.

Sebagian besar masyarakat Jepang sangat bangga dengan budaya mereka, demikian juga dengan pemilik kafe ini. Untuk mempertahankan gaya Jepang dalam bangunannya, ia memadukan konsep klasik Jepang dengan gaya retro. Jadi, desain kafe terlihat lebih kuno tapi tetap menarik.

Pada awalnya, kafe ini tidak terlalu terkenal dan ramai pengunjung seperti sekarang. Namun, sejak dijadikan objek salah satu acara yang bernama Kantaro The Sweet Tooth Salaryman, pengunjung mulai penasaran ingin mampir.

Di acara tersebut menampilkan pencarian seseorang terhadap makanan manisan terbaik yang ada di Kota Taito. Sampai akhirnya, mereka menemukan kue pan yang paling enak di kafe ini.

Lokasi Kafe

Kafe klasik ini beralamat di Asakusa, Bangsal Taito, Kota Tokyo, Jepang. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan Quijote yang merupakan departemen store terbesar di daerah ini.

Letaknya juga tidak  jauh dari kuil tertua Sensoji. Kalau berjalan kaki dari kuil, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit menuju kafe.

Posisi kafe juga dekat dengan 3 stasiun, yakni Tobu Isesaki Line, Tokyo Metro, serta TX Asakusa. Kalau berjalan kaki dari stasiun menuju kafe hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit.

Menu Camilan dan Minuman di Kafe

Sebagai kafe yang tergolong kecil, pilihan menu minuman yang ada di sini lumayan lengkap. Selain itu, ada juga beberapa camilan kecil yang lezat dan cocok sebagai pengganjal perut. Beberapa menu camilan dan minuman di kafe ini adalah:

1. Pancake

Pancake adalah menu andalan kafe yang paling banyak disukai pengunjung luar negeri ataupun dari dalam negeri. Kelezatan pancake inilah yang membuat kafe kecil ini terkenal hingga di luar daerah Asakusa.

Pancake yang dijual cukup beragam, ada pancake polos yang hanya berupa kue tanpa campuran gula atau isian apapun. Ada juga pancake yang bisa ditambah susu atau sirup maple di bagian atasnya.

Saat musim panas, biasanya pembeli banyak yang memilih menu pancake dengan tambahan es krim dan buah-buahan segar yang sudah dipotong-potong.

Kelezatan pancake khas Tengoku tidak hanya pada campurannya saja, tetapi juga dari kerenyahan roti di bagian luar dan kelembutannya di bagian dalam.

2. Hotdog

Bagi yang tidak suka dengan camilan yang manis, tersedia juga menu hotdog. Meskipun makanan ini bukan asli buatan Jepang, tapi cukup disukai banyak penduduk lokal. Terlebih saat disajikan dalam keadaan hangat.

Keistimewaan hotdog ini terletak pada ulenan rotinya yang sangat lembut. Campuran resep yang digunakan juga menghasilkan rasa manis gurih yang pas di lidah.

3. Kacang Goreng

Camilan kacang goreng khas Jepang biasanya disantap bersamaan dengan berbagai jenis kopi. Teksturnya renyah dan tentunya memiliki rasa manis gurih yang disukai semua kalangan.

4. Beragam Kopi

Sama dengan kafe lainnya, banyak menu kopi yang tersedia di sini. Ada kopi hitam, kopi wqasa, hingga beragam kopi ringan khas Jepang lainnya.

5. Teh Matcha

Teh matcha termasuk salah satu minuman yang paling diminati pembeli dari luar Jepang.  Dengan minum teh matcha di negara asalnya, akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi wisatawan asing. Selain matcha, ada juga beragam teh lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Daya Tarik dan Keunikan Kafe

Dari luar ruangan saja sebenarnya daya tarik kafe sudah bisa dilihat. Hal inilah yang menjadi faktor utama yang membuatnya selalu ramai dikunjungi, meskipun ketersediaan tempatnya terbatas. Berikut adalah beberapa daya tarik kafe yang membedakannya dengan yang lain:

1. Desain Ruangan Retro Klasik

Daya tarik yang paling mudah dilihat dari luar adalah desain ruangan yang sangat klasik retro. Ini bisa dilihat dari dinding bata khas bangunan industrial. Sementara saat memasuki ruangan, dindingnya sudah berlapis tembok bagian atasnya.

Kesan klasik lebih ditekankan pada pencahayaan yang sederhana serta furnitur meja dan kursi yang didominasi dari bahan kayu.

2. Harga Terjangkau

Walaupun sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia, kafe Tengoku menjual aneka menu dengan harga yang lebih terjangkau. Rata-rata harga makanan dan minuman di kafe ini berkisar antara 1.000 sampai 2.000 yen.

3. Ada Keberuntungan di Balik Cangkir

Bagi pelanggan yang sudah terbiasa memesan kopi atau camilan di sini, tentu sudah mengetahui bahwa pada cangkir kopi khas Tengoku memiliki keunikan tersendiri.

Pada pembeli tertentu biasanya akan menemukan karakter daikichi di bawah cangkir. Bagi yang menemukan tanda ini, artinya ia memperoleh keberuntungan.

4. Pilihan Menu Dipajang di Luar Ruangan

Orang yang melewati kafe akan mudah tertarik membeli pancake di sini, karena menu yang dihidangkan di pajang di luar ruangan. Posisi ini sangat cocok bagi ruangan kafe yang terbatas untuk menghindari berdesakan antar pelanggan.

Pilihan menu yang ditawarkan menggunakan tulisan Jepang disertai gambar Jadi, turis mancanegara bisa memesan menu hanya dengan menunjuk gambar tanpa menyebutkan namanya.

5. Pancake yang Dijual Dibuat di Lokasi

Kualitas dan kesegaran pancake sudah sangat terjamin. Ini bisa dilihat dari proses pengolahan kue di lokasi. Ibu Ueno akan terus menguleni adonan pancake untuk terus mencetak pesanan yang baru dan masih hangat. Proses pembuatan kue di lokasi bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

6. Menyediakan Berbagai Oleh-Oleh Unik

Hal yang paling menarik bagi wisatawan luar negeri di tempat ini adalah tersedianya berbagai oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang. Ada berbagai souvenir lucu yang bisa dibeli melalui sebuah permainan mesin.

Mesin tersebut berupa mainan kapsul yang dikocok atau diputar. Pelanggan cukup membayar 200 yen setiap kali pemutaran. Selanjutnya mesin akan berputar dan mengeluarkan souvenir lucu yang bisa dibawa pulang.

Selain oleh-oleh dalam kapsul, pelanggan juga bisa membeli biji kopi yang belum diolah untuk dibawa pulang. Untuk menarik pelanggan, kemasan kantong biji kopi sudah dihiasi dengan desain yang lucu. Harganya hanya sekitar 1.500 yen.

Apabila Anda sedang mencari kafe untuk mengganjal perut sekaligus mencari souvenir sebagai oleh-oleh, maka kafe Tengoku menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi. Tidak perlu khawatir kesulitan berkomunikasi dengan pelayannya, karena pemilik kafe mengerti bahasa Inggris dasar dengan baik.