Namiki Yabusoba: Warung Soba Lezat di Asakusa Cita Rasa Klasik

Namiki Yabusoba

Bagi para wisatawan yang datang ke Asakusa tentu akan makan di Restoran Namiki. Restoran yang satu ini merupakan restoran tertua di Jepang yang masih dikenal hingga saat ini. Namiki Yabusoba juga merupakan warung soba yang bersejarah di Jepang.

Warung soba ini sangat dikenal oleh masyarakat Jepang ataupun para wisatawan yang datang ke Jepang, khususnya ke Asakusa. Warung soba terbaik di Tokyo ini telah berdiri sejak tahun 1913 dan sangat terkenal hingga sering muncul di media seperti televisi, manga, majalah dan sebagainya.

Warung Soba Namiki Yabusoba

Restoran soba dengan menu soba yang paling terkenal di Jepang khususnya Asakusa ya hanya di Namiki Yabusoba. Lokasinya berada di Jalan Namiki dan berdekatan dengan Gerbang Kaminarimon Kuil Sensoji. Restoran ini disebut sebagai restoran tua karena berdiri sejak tahun 1913.

Namiki juga menjadi satu dari tiga restoran soba terbesar yang ada di Jepang. Menu yang terkenal di warung soba ini adalah saus celupnya yang kental, yang diturunkan dari generasi ke generasi. Saus celup tersebut menjadi fitur terbaik yang ada di Namiki.

Restoran soba yang lokasinya ada di Asakusa ini juga menjadi tempat wisata utama. Yabusoba merupakan soba yang dibuat dengan saus yang rasanya asin dan kecap dengan cita rasa yang kuat. Namiki Resto ini didirikan oleh putra majikan yang pertama dari Kanda Yabusoba.

Bagian-bagian yang Ada di Namiki Yabusoba

Warung soba yang ramai dikunjungi setiap kali jam makan siang ini hampir selalu dipenuhi oleh antrian yang panjang. Jika Anda ingin datang ke restoran ini tapi sedang tidak penuh, maka Anda bisa datang di atas pukul 3 sore misalnya setelah Anda kenyang berwisata di area Asakusa.

Berikut ini beberapa bagian di dalam Restoran Namiki yang perlu Anda ketahui:

1. Fitur-fitur yang Ada di Dalam Restoran

Mie yang digunakan pada restoran soba ini dinamakan mie Juwari Soba yang dibuat langsung dari tepung soba asli. Tepung soba segar digiling di awal hari dengan tekstur mie yang agak moderat.

Biji soba yang digunakan dalam membuat mie soba ini juga memiliki rasa yang paling enak dan harum, sesuai dengan musim yang ada. Fitur paling keren di restoran ini adalah saus celupnya yang sangat terkenal enaknya.

Saus celup ini memiliki aroma yang khas dan kental dengan kaldu kuah yang juga kental, dan mengandung kaeshi. Yaitu campuran antara gula dengan kecap yang sudah matang dengan sempurna.

Kualitas zarusoba di warung Namiki ini juga disajikan dengan rasa terbaik. Hal ini menjadi tradisi restoran agar para pengunjung bisa menikmati soba sampai akhir dengan puas.

2. Menu Warung Soba Namiki

Menu utama di warung Namiki Yabusoba ini adalah mie soba yang juga menyajikan lauk pauk lainnya dan juga alkohol. Soba ini bisa diklasifikasikan sebagai zarusoba yang dingin dengan kakesoba yang panas.

Nama dari setiap menu mie soba di sana juga berbeda tergantung dari toppingnya masing-masing misalnya daging bebek, tempura, telur, rumput laut dan sebagainya.

Sedangkan zarusoba merupakan mie soba dingin yang disajikan di atas keranjang yang isinya bambu ditambah dengan saus celup yang juga dingin. Jadi, jika Anda menyantap zarusoba di Namiki maka Anda menyelupkan soba ke dalam saus celup yang dingin tersebut.

Kakesoba merupakan mie soba dengan kuah yang panas dan disajikan tanpa rumput laut, yang berbeda dengan zarusoba yang biasanya. Zarusoba dengan rumput laut di atasnya disebut dengan norikake.

Ada juga menu sobayu yang merupakan air panas dididihkan dengan mie soba. Sobayu ini juga disajikan dengan kakesoba atau zarusoba, tergantung selera Anda. Jika Anda sudah selesai makan, maka Anda bisa mencelupkan sobayu ke dalam saus celup.

3. Penampilan dari Restoran Namiki Yabusoba

Bukan hanya mie sobanya saja yang rasanya enak, terkenal dan khas, tapi kelebihan lain dari Restoran Namiki ini adalah tampilan restorannya.

Pada saat bangunan restorannya dibangun di tahun 2011 lalu, banyak tampilan resto yang menampilkan bangunan aslinya dan tetap dipertahankan. Tampilan bangunannya memancarkan gaya Iki atau Edo yang memiliki selera tinggi di Jepang.

Bagian dalam dari restoran ini sederhana tapi tetap menarik. Terdapat meja dan kursi dengan lantai tanah di samping kanan restoran. Dilengkapi dengan tikar tatami di atas zashiki, yaitu kamar yang tampilannya formal dan sangat bergaya Jepang.

Anda bisa menyimpan sepatu Anda di lantai tanah tersebut ketika Anda akan masuk ke dalam Zashiki. Namun jika ingin ke kamar mandi maka Anda harus memakai sandal yang sudah disediakan di sana.

Terdapat Ruangan yang Damai dan Sejuk Setelah Pintu Masuk

Ketika Anda melewati pintu dan masuk ke dalam restoran maka Anda akan disambut oleh ruangan yang damai dan sejuk di dalamnya. Pada samping kiri resto terdapat tatami yaitu tempat duduk yang bernuansa Jepang. Sedangkan di bagian kanannya terdapat meja dan juga kursi.

Anda akan diberi segelas air mineral ketika duduk dan beristirahat sebentar di sana. Air mineral yang diberikan di restoran Jepang pada umumnya diberikan secara gratis. Menu yang paling umum dan terkenal di restoran ini adalah Zaru Soba seharga 750 yen.

Sedangkan untuk mie soba yang rasanya paling enak adalah Yamakake Soba dengan harga 1000 yen saja. Ketika Anda menu zarusoba maka Anda juga bisa menambahkan wasabi atau irisan bawang sesuai selera Anda.

Jadi, Anda bisa mencoba makan mie soba di Restoran Namiki Yabusoba ini dengan menikmati menu yang beragam. Khususnya menu yang terkenal enak di sana.