Kuil Nishi-Asakusa Hachiman: Masuk ke Dalam Kuil yang Wajib Dikunjungi di Tokyo

Nishi-Asakusa Hachiman

Saat berkunjung ke Jepang apalagi ke Asakusa, jangan sampai Anda tidak mengunjungi kuil. Daerah Asakusa terkenal dengan area Jepang tradisional. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai kuil yang bersejarah. Salah satunya adalah kuil nishi-Asakusa Hachiman. Sebenarnya ada apa di kuil ini?

Mengenal Kuil Nishi-Asakusa Hachiman

Sebenarnya kuil yang ada di Jepang terbagi atas dua jenis. Ada yang untuk beragama Budha dan ada yang untuk ajaran Shinto. Kuil yang ada di Nishi-Asakusa ini merupakan kuil untuk kepercayaan Shinto. Masyarakat setempat bahwa setiap kuil memiliki dewa yang bersemayam di sana. Bagaimana dengan kuil satu ini?

1. Tempat Bersemayam Dewa Hachiman

Sesuai dengan namanya, kuil yang berdekatan dengan Senso-Ji ini merupakan tempat dewa peperangan dan panahan. Sejak zaman dahulu, dewa ini dipuji oleh petani dan disebut dengan dewa pertanian. Kemudian para nelayan juga memuja dewa satu ini dengan harapan akan dibantu mendapat banyak ikan.

Sosok Dewa Hachiman juga dikenal dengan Kaisar Ojin. Ia merupakan putri dari Permaisuri Jingu yang hidup sekitar abad ketiga sampai keempat. Di masa itu kemudian masuklah agama Budha ke Jepang. Hachiman kemudian mengalami sinkretisasi. Kondisi tersebut adalah harmonisasi agama Buddha dengan Shinto.

2. Mirip dengan 30.000 Kuil di Jepang

Biasanya bentuk dan arsitektur dari kuil dewa yang sama juga akan mirip satu sama lain. Sebanyak lebih dari 30.000 kuil di Jepang yang memang diperuntukkan khusus untuk Hachiman. Bisa dibilang Hachiman termasuk jenis kuil yang cukup banyak di Jepang.

Urutan pertama jenis kuil terbanyak ditempati oleh kuil Inari. Untuk kuil Hachiman sendiri berpusat di Prefektur Oita. Di sana terdapat kuil induk yang berhubungan dengan Dewa Hachiman. Sebut saja Iwashimizu Hachiman-gu, Tsurugaoka Hachiman-gu serta Hakozaki-gi. Ini adalah kuil utama yang diperuntukkan khusus untuk Hachiman.

3. Masuk ke Dalam Kuil yang Wajib Dikunjungi di Tokyo

Kuil ini pun termasuk yang besar dan harus dikunjungi saat Anda berkunjung di Tokyo. Jumlah kuil Hachiman sendiri bisa dibilang cukup banyak diĀ  Tokyo yakni sekitar 40 kuil. Jika Anda berkunjung ke Tokyo khususnya Asakusa, jangan hanya pergi ke Senso-Ji saja.

Saat menjelajah ke Asakusa, Anda memang akan mendapati banyak kuil yang menggambarkan kebudayaan dan kepercayaan tradisional Jepang. Jangan lupa untuk mengunjungi kuil tempat Dewa Hachiman bersemayam ya!