Gedung Kerajinan Tradisional Pusat Kota Edo: Koleksi Museum Kerajinan Tradisional

Gedung Kerajinan Tradisional Pusat Kota Edo

Gedung kerajinan tradisional pusat Kota Edo atau lebih dikenal dengan Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi merupakan sebuah tempat di wilayah Asakusa Tokyo yang memamerkan beragam kerajinan tangan.

Koleksi kerajinan tangan di gedung ini memiliki nilai historis dan dibuat langsung oleh para pengrajin Tokyo. Banyak pengrajin yang memamerkan hasil kerajinannya di gedung Edo Shitamachi hingga hari ini. Karya-karya yang ditampilkan dibuat secara eksklusif oleh pengrajin di Taito, tempat museum berada.

Sejarah Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi

Edo awalnya adalah nama ibukota Jepang yang lama sebelum dinamakan Tokyo. Nama Edo sendiri digunakan oleh Jepang sekitar 150 tahun yang lalu hingga akhirnya ibukota Jepang berubah menjadi Tokyo sampai saat ini.

Saat masih dinamakan dengan kota Edo, ada sebuah wilayah yang bernama Taito di mana kawasan ini kaya sekali dengan sejarah seni dan kerajinan. Seni dan kerajinan tangan pada kota Taito hingga kini masih dilindungi.

Itulah sebabnya Taito mendirikan sebuah gedung kerajinan tradisional pusat Kota Edo, karena memang gedung ini menyebarkan keindahan seni dan kerajinan khas zaman Edo ke seluruh Jepang.

Jadi, maksud dari “Kota Edo” ini adalah nama dari ibukota Jepang lama yang diadopsi, bukan karena letak museum ini ada di kota Edo. Adapun museum kerajinan tangan ini berada di sebuah wilayah yang bernama Taito.

Ya, Taito adalah sebuah wilayah di Tokyo yang masih mempertahankan suasana dan tradisi masyarakat Jepang sebelum Perang Dunia Kedua. Jika Anda mengunjungi kota ini, maka Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda antara kota ini dengan lainnya di Jepang.

Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi sendiri salah satu pusat kerajinan masyarakat Taito. Museum ini dijalankan oleh Bagian Promosi Industri di kantor pemerintah lingkungan Taito.

Jadi, gedung ini dibangun dengan tujuan melestarikan dan mempromosikan seni dan kerajinan yang membedakan daerah Taito dengan kota lainnya di Jepang yang sudah terpengaruh modernisasi.

Meskipun memasukkan kata “tradisional” namun semua koleksi di  gedung kerajinan tradisional pusat Kota Edo ini tidak melulu tentang masa lalu, ada beberapa barang kerajinan khas zaman ini.

Mengingat gedung museum ini adalah pusat aktivitas pengrajin Tokyo, maka barang kerajinan dari masa ke masa bisa ditemukan, tidak hanya terpusat pada kerajinan masa lalu saja.

Bangunan Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi

Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi sendiri terdiri dari dua lantai yakni :

1. Lantai Pertama

Bangunan lantai pertama Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi memiliki area khusus untuk menerima tamu, beberapa  barang kerajinan tangan untuk dijual, ruang tunggu, dan pajangan besar dengan foto-foto puluhan seniman dan pengrajin yang karyanya dipajang atas dinding.

2. Lantai Dua

Ruang pameran sendiri ada di lantai dua yang dipenuhi dengan barang-barang buatan tangan yang rumit dan artistik. Semua koleksi yang ada di museum ini memiliki ciri khas budaya material Jepang. Setidaknya ada 30 jenis barang yang bisa Anda saksikan seperti :

  • Perak Tokyo yang berkilau
  • Cetakan ukiyoe
  • Edo sashimono (sejenis furnitur yang seluruhnya dibuat menggunakan kayu, tanpa sekrup atau paku).
  • Shishu (karya dengan sulaman dalam bahasa Jepang)
  • Edo osana boneka (yaitu boneka yang menggambarkan anak-anak)
  • Patung Buddha
  • Lentera
  • Miniatur menara kuil
  • Layang-layang, dan lain-lain.

Salah satu pameran yang sangat mencolok adalah model miniatur menara kuil, yang memamerkan keahlian para pembangun kuil, yang terus-menerus bekerja merenovasi dan memperbaiki kuil di lingkungan Taito.

Kuil  besar di Taito itu merupakan rumah bagi ratusan penganut agama Buddha dan Shinto sehingga perjuangan orang-orang yang membangun menara di kuil tersebut coba dimanifestasikan dalam bentuk miniatur menara kuil.

Jam Buka Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi

Museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 20.00 dan harga tiket masuknya juga gratis. Namun sangat disarankan bagi Anda untuk mengunjungi tempat wisata ini pada hari Sabtu atau Minggu.

Pada akhir pekan, Anda dan pengunjung lainnya bisa menyaksikan pengrajin lingkungan Taito dalam mendemonstrasikan keahlian mereka secara langsung.

Jika Anda sedang berwisata di Tokyo dan tertarik dengan cara membuat kerajinan tangan, ada kelas kerajinan yang diadakan di sini.

Anda bisa mendaftar menjadi peserta kelas  kerajinan jika berminat. Tenang, untuk bisa mengikuti kelasnya, Anda tidak akan dibebankan biaya, alias gratis.

Benda-benda Koleksi Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi

Beberapa benda historis yang bisa Anda lihat di gedung kerajinan tradisional pusat Kota Edo sendiri adalah :

1. Edo Sashimono

Bisa dibilang Edo Sashimono ini adalah kerajinan masyarakat zaman dahulu yang masih ada hingga saat ini. Edo Sashimono merupakan furniture yang unik dengan teknik yang khas.

Di Kyoto ada furniture bernama “kyo-sashimono” yang memiliki desain rumit dengan ukiran di dalamnya, namun Edo Sashimono ini memiliki ciri khas ukiran yang berbeda.

Desain Edo Sashimono menggunakan serat kayu, dan tidak terlalu dihiasi dengan ukiran atau ornamen hiasan. Bisa dibilang furniture satu ini sederhana, namun berkelas.

Semakin sederhana ukirannya, maka semakin menarik furnitur ini. Edo Sashimono adalah kerajinan tangan kota Taito yang banyak digemari dari zaman dahulu hingga hari ini.

2. Kerajinan Tembaga

Selain furniture kayu dengan ukiran yang unik, adapula kerajinan tembaga khas museum Kerajinan tradisional Edo Shitamachi.

Kerajinan tembaga di museum ini diaplikasikan dalam bentuk cangkir dan pot yang indah dan berkilau. Hampir semua kerajinan tembaga yang terbuat dari pengrajin kota Taito ini memiliki tekstur yang sangat halus.

Ada juga lekukan-lekukan kecil yang sangat indah di bagian luar. Semua kerajinan tembaga yang indah di museum ini adalah bukti bahwa tembaga semuanya dipalu dengan tangan oleh para pengrajin hingga menghasilkan sebuah karya yang indah namun juga halus.

3. Kerajinan Mikoshi

Di Asakusa, ada sebuah acara yang dinamakan dengan Festival Sanja. Oleh karena itu, di daerah Asakusa juga terdapat pengrajin yang mengerjakan pembuatan ornamen cantik untuk festival Sanja dan kerajinan ini dinamakan mikoshi.

Mikoshi sendiri merupakan sebuah tandu dengan model pagoda bertingkat lima yang berwarna kuning. Mikoshi ini dibuat oleh pengrajin kota Taito dengan menggunakan tekniknya sendiri.

Jika Anda melihat lebih dekat, mikoshi khas Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi sendiri berbeda dari yang lainnya karena ada beberapa kerumitan detail. Desain unik mikoshi khas museum ini dibuat dengan teknik yang mana hanya para pengrajin kota ini sendiri yang tahu dan memahaminya.

Museum Kerajinan Tradisional Edo Shitamachi adalah lingkungan tempat berkumpulnya pengrajin, yang dikembangkan dengan baik oleh pengurus lokal. Selain mengoleksi berbagai barang kerajinan, tempat ini juga menjadi koleksi berbagai alat pengrajin.

Jika Anda terpesona dengan semua pameran yang ada di lantai 2, Anda juga bisa kok membeli seni dan kerajinan Edo yang ada di sini.

Gedung kerajinan tradisional pusat Kota Edo Shitamachi, juga sering mengadakan lelang dengan menurunkan harga barang-barang yang ada di ruang pameran lantai 2. Selain melelang barang-barang yang ada di ruang pameran, hasil dari kelas kerajinan tangan juga ikut dilelang.

Anda yang sangat tertarik dengan kerajinan tangan khas kota ini dapat mencoba membuatnya sendiri jika berkenan mendaftar kelasnya.