Asakusa Kingyo: Tempat Menarik untuk Menangkap Ikan Mas di Jepang

Asakusa Kingyo

Tokyo dikenal sebagai kota modern dengan hiruk-pikuk yang tinggi. Sebagai kota yang sangat urban, tidak mengherankan jika banyak keluarga enggan membawa anak-anak kecil ke Tokyo untuk berwisata. Namun, tahukah Anda ada sebuah wisata menarik bernama Asakusa Kingyo yang cocok untuk anak?

Wisata ini sangat cocok digunakan sebagai rekreasi keluarga karena anak-anak pasti akan menyukainya. Ya, Asakusa Kingyo adalah salah satu wisata di kota Taito Jepang yang menawarkan edukasi dan hiburan bagi anak-anak. Jadi penasaran seperti apa sih yang ditawarkan oleh Kingyo ini?

Apa itu Asakusa Kingyo?

Tokyo bukan hanya sebuah kota yang modern, namun juga menawarkan banyak pengalaman pendidikan dan rekreasi untuk anak-anak. Nah, salah tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama anak adalah Asakusa Kingyo.

Sebenarnya tempat ini bukanlah destinasi wisata anak-anak seperti wahana atau kolam renang, namun Asakusa Kingyo merupakan sebuah toko yang menjual ikan mas.

Toko Kingyo merupakan sebuah tempat yang dirancang khusus untuk keluarga agar memiliki pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan dalam berburu ikan.

Pada dasarnya, berburu ikan mas adalah permainan tradisional Jepang yang dinamakan kingyosukui. Permainan tradisional ini sudah ada pada Zaman Edo dan populer dimainkan pada festival musim panas.

Mengambil ikan mas adalah salah satu kegiatan paling populer dari masa ke masa. Namun, untuk bisa menangkap ikan mas di Jepang, Anda tidak harus menunggu festival musim panas sebab di Asakura Kingyo, Anda dapat mencoba menangkap ikan kapan saja sepanjang tahun.

Anda dapat memainkan game ini dengan harga 300 yen dan dilengkapi dengan tiga sendok kertas yang disebut poi.

Dengan menggunakan poi, Anda bisa mencoba mengambil ikan mas dari kolam ke dalam mangkuk. Setelah berhasil, Anda dapat membawa pulang ikan mas.

Di toko Kingyo ini, ada dua jenis poi (alat yang digunakan untuk menangkap ikan) yakni :

1. Poi yang Tebal

Alat poi yang bahan saringannya tebal khusus disewakan kepada anak-anak yang suka bermain dan mendapatkan hasil ikan mas yang banyak.

2. Poi yang Tipis

Sementara untuk yang bahan poi lebih tipis digunakan untuk orang yang serius mencari ikan. Jenis poi yang tipis ini cenderung mudah pecah sehingga membuat orang semakin tertantang dalam mencari ikan mas.

Cara Memancing Ikan di Toko Kingyo

Lalu bagaimana sih aturan main di Toko Kingyo ini? Cara mainnya cukup sederhana kok, yakni :

1. Sampaikan Jenis Permainan yang Ingin Dilakukan ke Penjaga Toko

Pertama, Anda bisa menyampaikan jenis permainan apa yang ingin Anda lakukan ketika hendak memburu ikan mas.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, jika ingin menangkap ikan sebanyak mungkin, maka pilihlah poi yang tebal. Namun jika hendak permainan yang lebih menantang, Anda bisa mencoba jenis poi yang lebih tipis.

Anda yang khawatir tidak tahu cara permainannya dan bagaimana memilih jenis poi, tenang saja! Staf yang bekerja di toko ini bisa menyampaikan peraturan permainan dengan menggunakan bahasa Inggris, kok! Staf di toko ini juga menguasai bahasa Mandarin.

2. Bayar Harga Permainan ke Kasir

Selesai memilih jenis poi dan tahu cara permainannya, maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu membayar sesuai harga. Untuk sekali permainan, Anda perlu membayar 300 yen atau setara dengan Rp 40.000.

Harga tersebut sudah termasuk dengan 3 buah poi dan satu mangkuk untuk tempat meletakkan ikan-ikan mas yang berhasil ditangkap.

3. Gunakan Alat Bernama Poi

Jika sudah mendapat poi, maka pemain harus menyendok ikan dengan menggunakan poi sebanyak mungkin. Anda bisa memilih sendiri beberapa kolam yang disediakan. Anda juga bisa memilih jenis ikan mas mana yang hendak diambil.

4. Masukkan ke Dalam Mangkuk

Setelah berhasil menangkap ikan, maka Anda bisa memasukkannya ke dalam mangkok yang telah disediakan oleh pemilik toko. Ambil sebanyak apapun ikan yang ingin Anda raih selama poi tidak rusak.

5. Permainan Berakhir Jika Poi Rusak

Sebenarnya poi ini adalah alat yang hampir mirip dengan saringan, namun terbuat dari kertas yang tipis. Orang Jepang menganggap bahwa poi ini adalah sendok kertas.

Nah, karena permainannya adalah memindahkan ikan yang berhasil disaring ke dalam mangkuk, maka ketika poi itu rusak, permainan Anda berakhir. Anda bisa melanjutkan permainan lagi dengan menggunakan poi yang baru, begitu seterusnya.

Jika ketiga poi Anda sudah rusak semua dan sudah tidak bisa lagi digunakan untuk mengambil ikan, maka Anda bisa membayar kembali permainan ke staf toko.

Bisa dibilang permainan toko Kingyo ini menyenangkan dan membuat anak-anak jadi belajar tentang kompetisi. Siapa yang paling banyak mengumpulkan ikan mas, maka dialah yang pemenangnya.

Mengajak anak-anak untuk bermain di Kingyo ini adalah hal yang tepat untuk bersenang-senang sekaligus belajar. Anak juga jadi lebih tahu jenis-jenis ikan mas yang ada dan bisa tahu perbedaannya.

Benda-benda yang Dijual di Toko Asakusa Kingyo

Selain menawarkan permainan berburu ikan mas, hal unik lainnya yang bisa Anda temukan di toko Kingyo ini adalah semua barang-barang yang dijual berbentuk ikan mas.

Ya, beberapa barang yang dijual di tempat ini semuanya memiliki desain yang mirip ikan mas. Beberapa barang itu adalah :

1. Dompet Kamaguchi

Dompet kamaguchi merupakan sebuah pouch yang berukuran kecil dengan desain pinggirannya terbuat dari besi. Dompet kamaguchi ini memiliki desain khas Jepang yang bisa dibilang sangat populer.

Dompet ini mempunyai desain ikan mas yang lucu-lucu. Anda bisa memilih dompet dengan desain mana yang Anda suka.

2. Omikuji

Omikuji merupakan kertas yang berisikan ramalan. Kertas ini dimasukkan ke dalam sebuah tembikar dengan desain lucu khas ikan mas.

Anda bisa membaca satu per satu kertas ramalan yang ada di tembikar unik ini. Jika kertas ramalannya sudah habis, Anda bisa menyimpan tembikar ikan mas ini untuk tempat lain.

3. Kinchaku

Perempuan pasti suka dengan tas-tas handmade dengan desain yang unik? Ya, kinchaku adalah tas khas Jepang yang bisa digunakan untuk mengisi dompet, kosmetik dan benda-benda lainnya. Menariknya, kinchaku yang dijual di Asakusa Kingyo ini semua memiliki desain ikan mas yang lucu.

4. Handuk Tangan

Bagaimana jika handuk tangan memiliki motif ikan mas? Lucu sekali bukan? Anda bisa menemukan handuk tangan dengan motif-motif ikan mas yang dijamin cute dan gemas untuk dimiliki di toko Kingyo.

Apakah Anda ingin hunting barang-barang lucu di Asakusa Kingyo dan tertantang untuk berburu ikan mas?

Jika Anda penasaran bagaimana sih serunya berburu ikan mas di kolam dengan menggunakan poi, Anda bisa mengunjungi toko Kingyo di 2 Chome-7-13, Asakusa, kota Taito, Tokyo.

Toko ini buka setiap hari mulai pukul 09.00–16.30. jika Anda ingin melakukan reservasi, Anda bisa menghubungi nomor telepon toko ini di +81 3-3847-5251.