Mokuhankan: Toko Kerajinan Balok Kayu yang Menarik di Tokyo

Mokuhankan

Jika Anda ingin berburu kerajinan balok kayu dengan desain yang menarik untuk dibawa pulang, Anda bisa berkunjung ke sebuah toko bernama Mokuhankan. Toko ini dibuat oleh printmaker kelahiran Kanada David Bull.

Ia menjalankan tokonya ini selama kurang lebih 6 tahun dari mulai 2014 lalu. Seperti apa sih koleksi yang dihadirkan dari toko kerajinan balok kayu yang diciptakan oleh David Bill ini?

Sejarah Berdirinya Mokuhankan

Mokuhankan dibuka pada November 2014, gagasan pendirian toko ini dicetuskan oleh pencetak balok kayu berpengalaman David Bull. David Bull pindah dari Kanada ke Jepang pada bulan Januari 1987.

Selama 30 tahun terakhir, dia telah mempelajari seni Jepang, ia mengukir balok kayu sendiri untuk cetakan asli, dan mengadopsi budaya negara Kanada dan Jepangg.

Selain karya aslinya, Bull dan rekannya mengumpulkan cetakan balok kayu dari penjualan perkebunan dan pasar lokal untuk dijual di toko mereka.

David sendiri telah bekerja di bidang pencetakan balok kayu hampir selama 24 tahun lamanya. Sebelum membuka tokonya, dia bekerja dengan memilih cetakannya, kemudian mempekerjakan pengrajin, dan mengatur penjualan atau distribusi ke berbagai acara yang membutuhkan properti kayu balok buatannya.

Pembuatan cetakan balok kayu tradisional belum terlalu berhasil di Jepang ini. Meskipun seni grafis balok kayu sendiri sudah terkenal dengan hadirnya komunitas pengrajin balok kayu di Jepang.

Ia mengalami masa-masa yang sulit saat menekuni bisnisnya sebab bagi kebanyakan orang, gagasan untuk membeli cetakan balok kayu tidak akan pernah masuk ke dalam pikiran mereka. Cetakan kayu balok bukanlah benda yang fungsional menurut orang Jepang kala itu.

Padahal seni grafis telah berjalan sangat baik di negara Jepang selama ratusan tahun, tetapi kerajinan kayu balok masih belum mendapatkan tempatnya di masyarakat saat itu.

Sampai akhirnya semua masa-masa kesulitan yang ia alami berakhir ketika lifestyle masyarakat mulai berubah. Hasil kerajinannya mulai banyak yang meminati. Mokuhankan adalah usaha penerbitan cetakan balok kayu yang kemudian ia dirikan.

Ketika ia mengikuti pameran, sejumlah orang yang melihat hasil cetakannya yang dipajang juga turut mempelajari materi deskriptif dari kerajinan yang ia hasilkan.

Dari seringnya ia mengikuti pameran dan banyaknya orang yang tertarik dengan cetakan balok kayu, bisnis yang ia tekuni mulai mendapat minat di hati masyarakat.

Setiap orang di masyarakat saat ini  terbiasa dengan ‘standar kualitas’ yang terus meningkat; barang-barang manufaktur yang luar biasa canggih dalam desain dan konstruksinya memberikan ‘nilai’ tersendiri.

Tidak heran jika akhirnya woodblock printing akhirnya bisa dikenal hingga saat ini. Dalam lebih dari dua puluh tahun sejak David mulai menerbitkan cetakan balok kayu, ia telah mengirimkan lebih dari 30.000 cetakan ke kolektor Jepang dan negara lain.

Sebagian besar, kolektor yang membeli kerajinannya bukanlah orang ‘spesialis’, atau orang dengan pengetahuan atau minat tertentu dalam seni grafis. Namun kolektor-kolektor tersebut sangat tertarik dengan hasil kerajinannya.

Ia juga menjadi terkenal di web karena kolaborasinya dengan Jed Henry pada seri balok kayu dinamis Ukiyo-e Heroes, yang memasangkan karakter permainan video modern dengan tema tradisional Jepang dan teknik pencetakan.

Dari kesuksesan kolaborasinya itu, David yakin bahwa karyanya dalam bidang pencetakan balok kayu di Jepang akan diterima oleh banyak audiens ke depannya.

Hal Menarik dari Toko David Bulls

Beberapa hal menarik dari toko kerajinan woodblock printing sendiri adalah :

1. Menyaksikan Seluruh Proses Pembuat Kerajinan

Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatan setiap kerajinan balok kayu yang dihasilkan oleh David Bull dan karyawannya. Di toko ini, pengunjung bisa dengan mudah melihat proses pembuatan kerajinan di lantai dua.

Anda juga melihat-lihat pilihan cetakan balok kayu. Pengunjung juga bisa melihat proses printing yang dilakukan oleh David ketika mencetak kayu-kayu balok di ruang belakang.

Toko David sendiri membuka kunjungan tiga kali sehari dan setiap pengalaman observasi kerajinan akan dikenai tarif 2000 yen per orang atau sekitar Rp 270.000.

Jika per kunjungan Anda membawa anggota, maka tarifnya lebih murah, yakni menjadi 5.000 yen atau sekitar Rp 680.000 dengan minimal beranggotakan empat orang,

Dengan biaya tersebut, Anda bisa menyaksikan proses pembuatan setiap kerajinan balok kayu mulai dari pembuatan desain, pemilihan balok kayu dan proses printingnya.

2. Mencoba Membuat Sendiri Kerajinan Kayu Balok

Hal asyik lainnya yang ditawarkan dari toko David Bulls ini adalah memungkinkan setiap pengunjung untuk mencoba sendiri bagaimana mencetak desain ke kayu balok.

David dan staf yang bekerja akan mendemonstrasikan teknik kerajinan kayu balok, bagaimana cara meletakkan kertas di takik pada balok yang sudah diukir, cara mengaplikasikan cat ke balok dan cara menggunakan alat baren untuk membuat cetakan.

Instruksi yang disampaikan setiap sesi kunjungan sangatlah jelas dan mudah diikuti, Anda bisa belajar membuat gambar dan mencetaknya di atas kayu balok.

Semua staf di sini adalah seniman yang bersemangat dalam mengajarkan proses pembuat kerajinan pada pengunjung yang datang. Anda yang memang tertarik di bidang ini, belajar langsung ke ahlinya adalah cara yang tepat untuk menguasai ilmu di bidang kerajinan kayu.

3. Membeli Berbagai Jenis Koleksi

Selain melihat cara membuat kerajinan dan belajar membuatnya sendiri, Anda juga bisa berkeliling ke seluruh sudut toko untuk menyaksikan berbagai koleksi kerajinan David Bulls. Ada banyak karya yang dipamerkan dan semuanya sangat mengesankan.

Anda bisa membeli salah satu hasil kerajinan David Bulls. Hampir semua kerajinan dari toko ini bisa menjadi souvenir atau hadiah yang sangat bagus untuk oleh-oleh khas Jepang.

Lokasi Toko Mokuhankan

Terletak tidak jauh dari kuil Senso-ji, Mokuhankan adalah toko kerajinan tangan yang bisa menjadi alternatif wisata edukasi yang perlu Anda kunjungi.

Berkunjung ke toko David Bulls adalah cara sempurna untuk mengakhiri hari Anda yang mungkin telah lelah berjalan-jalan di sekitar jalanan Asakusa. Selama satu jam kunjungan, Anda akan belajar tentang teknik kuno ukiyo-e, atau pencetakan balok kayu.

Toko ini berada beberapa meter dari kawasan Senso-ji dan Nakamise-dori Asakusa. Toko Mokuhankan sendiri sangat mudah ditemukan. Berikut panduan untuk menemukan toko David Bulls yang populer ini :

  1.   Saat di persimpangan utama Namakise-dori, Anda bisa belok kiri.
  2.   Setelah itu Anda akan menemukan banyak mana kios-kios, jalan lurus saja dan ambil arah kanan.
  3.   Dari arah kanan, jalan terus sampai melewati Kuil Chingodo dan sampai di persimpangan 5 arah.
  4.   Dari persimpangan, Anda hanya perlu lurus saja beberapa meter ke depan dan toko David Bulls ini ada di sebelah kiri.

Toko Mokuhankan adalah usaha penerbitan cetakan balok kayu yang tidak hanya menjual hasil karyanya saja, namun juga memamerkan pembuatan karya cetakan balok. Jadi, Anda yang tertarik pada bidang seni grafis, datang ke toko yang dibangun oleh David Bulls ini adalah hal yang tepat.