Nakamise-Dori: 7 Macam Street Food yang Bisa Diburu di Asakusa

Nakamise-Dori

Nakamise-dori adalah jalan perbelanjaan paling terkenal di Asakusa, Tokyo. Jalan ini membentang sejauh 250 meter di jalur utama Kuil Sensoji dan di kedua sisinya terdapat toko-toko yang menjual souvenir tradisional, makanan ringan, dan permen.

Sepanjang jalan setidaknya terdapat 89 toko yang bisa dijelajahi dengan 54 toko di sisi timur, dan 35 toko di sisi barat. Kalau sedang berada di jalan Nakamise, kira-kira makanan apa ya yang enak?

Sejarah Nakamise-dori

Nakamise adalah nama tradisional yang diberikan untuk jalan perbelanjaan di Asakusa ini karena memang street food satu ini berada di kawasan kuil atau tempat suci. Nakamise-dori adalah salah satu yang tertua dan paling terkenal di Jepang.

Jalan perbelanjaan Nakamise Asakusa diyakini telah dimulai antara akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18 ketika penduduk lokal di Asakusa diberi izin untuk membuka toko di area kuil. Sebagai imbalannya, pemilik toko baru harus menjaga kebersihan dan menjaga area kuil tetap rapi dan bagus.

Kuil Sensoji sendiri sudah menjadi pusat ziarah yang populer, sehingga pemilik toko Nakamise sangat diuntungkan membuka tokonya di kawasan kuil ini. Banyak sekali para peziarah yang lelah membeli makanan dan minuman di sepanjang jalan Nakamise.

Pada tahun 1885, jalan Nakamise direvitalisasi dan toko-toko yang bangunannya sudah tua diganti dengan bangunan bata merah khas zaman itu. Sayangnya bangunan-bangunan ini hancur total dalam Gempa Besar Kanto pada tahun 1923.

Setelah itu toko-toko dibangun kembali dengan bahan beton hingga lapis dua kali untuk mengantisipasi gempa yang serupa. Sayangnya, pemboman Perang Dunia II ternyata membuat toko-toko di jalan ini kembali hancur.

Namun kemudian, para pemilik toko melakukan rekonstruksi dan membangun toko-toko dengan tampilan tradisional, dan didekorasi dengan warna-warna cerah.

Jam Buka Nakamise

Toko-toko di Nakamise menjual berbagai macam street food, seni dan kerajinan tradisional, pakaian dan aksesoris seperti mainan, kaos oblong, payung, boneka, dan lentera.

Nakamise biasanya penuh dengan turis-turis asing, jadi pergilah lebih awal untuk menghindari keramaian. Jika Anda tidak bisa menghindari keramaian, Anda bisa berjalan berjalan di belakang toko-toko yang ada di kedua sisi Nakamise.

Jalur belakang toko biasanya jauh lebih tenang jika dibandingkan dengan jalan utama. Ada banyak sekali toko, kafe, dan restoran lain yang bisa Anda kunjungi.

Untuk jam buka Nakamise-dori sebenarnya bervariasi menurut toko. Sebagian besar toko buka dari pukul 10:00 hingga 19:00. Namun ada juga beberapa toko yang buka paling cepat pukul 08:00 dan beberapa toko tutup paling lambat 20:00.

Jalan perbelanjaan Nakamise membentang ke utara dari Gerbang Kaminarimon menuju Kuil Sensoji. Dari stasiun Tobu, Toei, dan Tokyo Metro Asakusa Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 3 – 5 menit saja.

7 Macam Street Food yang Bisa Diburu di Nakamise-Dori

Rasanya belum lengkap jika datang ke Nakamise namun tidak berburu makanan sebab tempat ini adalah surganya aneka macam street food. Nah, beberapa jenis street food populer yang bisa Anda beli ketika berkunjung di Nakamise adalah :

1. Kibi Dango

Mulailah hunting kuliner Anda dengan mengunjungi Kibi Dango! Tempat ini menyajikan makanan khas Jepang bernama dango dengan citarasa yang manis dan gurih. Dango adalah  mochi berbentuk bundar terbuat dari beras yang ditumbuk dengan jenis topping yang berbeda-beda.

Nah, topping yang paling populer di kedai ini adalah bubuk kedelai karena rasanya manis. Harga satu kemasan dango berisi 5 pcs sendiri dibanderol 330 yen atau Rp 45.000

2. Asakusa Kagetsudo

Asakusa Kagetsudo adalah tempat yang harus dikunjungi jika Anda ingin berburu makanan bernama melon-pan atau roti melon khas Jepang yang terkenal. Toko ini sudah buka sejak tahun 1945 dan sangat populer.

Melon-pan adalah roti manis, yang sebenarnya tidak mengandung melon sama sekali, tetapi dinamai melon karena bagian luarnya setelah dipanggang menyerupai tekstur melon. Melon pan adalah makanan yang lezat dan menarik dengan harga 200 yen atau Rp 27.000.

3. Asakusa Kurikoan

Asakusa Kurikoan adalah toko yang menjual taiyaki. Taiyaki adalah makanan Jepang populer yang dibuat dengan adonan seperti pancake kemudian dituangkan ke dalam cetakan berbentuk ikan.

Kemudian adonan berbentuk ikan itu diisi dengan berbagai varian rasa seperti coklat, vanilla custard atau matcha. Harga per satu pcs taiyaki di toko ini adalah 176 yen atau Rp 23.000.

4. Sekine

Sekine adalah tempat untuk menikmati roti lembut yang berisi daging dan sayuran yang dinamakan Nikuman. Sekine menyajikan nikuman dengan ukurannya yang sangat besar dan dijamin mengenyangkan.

Sekine merupakan tempat yang tepat jika Anda suka makan banyak karena ukuran rotinya yang sangat besar. Per satu menu nikuman dari kedai Sekine dijual dengan tarif  260 yen atau Rp 35.000.

5. Iriyama Senbei

Iriyama Senbei adalah kedai yang letaknya berdekatan dengan Sekine. Kedai ini telah buka selama lebih dari 100 tahun, menyajikan kerupuk nasi senbei klasik.

Kerupuk nasi senbei ini terbuat dari beras yang dicampur dengan gula pasir dan sirup kemudian diratakan menjadi adonan bertekstur lalu dipotong menjadi lingkaran seperti sebuah kerupuk.

Adonan kemudian dikeringkan selama tiga hari di bawah sinar matahari sebelum kemudian dipanggang di atas beberapa bara api untuk dimasak.

Makanan satu ini begitu populer dan legendaris, konon senbei ditemukan di Asakusa dan pertama kali dijual ya di toko ini. Ada puluhan rasa kerupuk yang bisa Anda pilih, dari manis, gurih, hingga super pedas. Harga per satu pcs kerupuk senbei adalah 130 yen atau Rp 18.000.

6. Toyofuku Curry Bread

Toyofuku Curry Bread adalah kedai makanan yang menyajikan roti renyah di luar, lembut dan kenyal di dalam, namanya curry pan. Curry pan dapat ditemukan di seluruh Jepang dan merupakan roti goreng yang diisi dengan berbagai rasa kari.

Anda bisa memilih rasa pedas atau tidak pedas. Roti di toko ini digoreng dengan sangat baik sehingga puff adonan goreng  menjadi renyah luar biasa. Camilan seharga 290 yen atau Rp 40.000 ini cocok dimakan di musim dingin.

7. Umezono

Umezono merupakan salah satu toko tertua di Nakamise-dori, yang sudah buka sejak tahun 1854. Toko ini membuat manisan tradisional Jepang, yang semuanya dipajang di etalase luar toko. Camilan permen ini diwarnai dengan sangat indah dan menarik.

Pada bagian dalam toko, ada cafe untuk tempat duduk dan makan. Umezono juga menyediakan dorayaki yang enak. Dorayaki adalah pancake lembut yang terbuat dari dua roti yang dibungkus dengan isian pasta kacang merah Azuki yang manis.

Harga per menu yang ditawarkan di Umezono sendiri bervariasi, kisaran  200-500 yen atau Rp 25.000-Rp80.000.

Anda yang memang suka sekali berburu street food, Nakamise-dori adalah pilihan yang sangat tepat jika Anda datang ke Tokyo. Apapun makanan khas Jepang yang Anda cari bisa ditemukan di Nakamise-dori ini.