Sumida Park Asakusa: Wisata dengan Pemandangan Bunga Sakura yang Indah

Sumida Park Asakusa

Asakusa adalah sebuah kawasan di Taito, Tokyo yang memiliki banyak kawasan wisata terkenal salah satu destinasi yang cukup populer adalah Taman Sumida atau Sumida Park. Sumida Park merupakan kawasan di tepi sungai Sumida.

Tempat ini sangat populer dikunjungi oleh orang-orang selama musim bunga sakura karena kawasannya menjadi sangat indah. Banyak bunga sakura bermekaran di setiap sudut taman. Sayangnya, di waktu-waktu lain selain musim semi, tempat ini tidak terlalu ramai.

Alamat Taman Sumida

Taman Sumida terletak di sepanjang Sungai Sumida, yang mengalir di Tokyo. Banyak orang berkumpul di kawasan ini untuk menikmati bunga sakura di musim semi, dan melihat kembang api di musim panas.

Kawasan ini sering sekali digunakan oleh penduduk setempat untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan sungai. Orang-orang yang bekerja di daerah Asakusa juga sering datang ke kawasan ini untuk beristirahat.

Sumida Park merupakan destinasi liburan alami yang menyenangkan. Berada di kawasan yang dekat dengan kuil Sensoji dan Skytree, bisa dibilang taman ini adalah rekomendasi wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi.

Setiap tahunnya, Sumida Park menjadi tempat pertunjukan kembang api yang besar dan acara melihat bunga sakura. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang Sungai Sumidagawa dengan pemandangan Tokyo Skytree yang luas.

Lokasi taman ini berada di 1-1, Hanakawado, Taito Ward, Tokyo. Taman tepi sungai dengan pemandangan Tokyo Skytree ini bisa diakses dengan mudah.  Anda bisa pergi ke taman ini melalui kereta api atau taksi.

Cara Menuju Taman Sumida

Pintu masuk Sumida Park berjarak lima menit dari Stasiun Asakusa di jalur Ginza, Asakusa dan Tobu Isezaki. Hanya perlu beberapa menit untuk berjalan kaki dari Stasiun Asakusa menuju Sumida Park. Taman ini membentang di kedua sisi Sungai Sumida sehingga mudah sekali ditemukan ketika keluar dari stasiun

Selain menggunakan kereta, pilihan lainnya yang bisa Anda jadikan alternatif adalah Suijo Bus atau kapal sungai. Kapal ini merupakan alternatif yang bagus selain taksi dan kereta api untuk berkeliling kota. Kapal bisa berangkat langsung ke taman dan tidak diperlukan reservasi.

Dari pusat kota Tokyo, Anda perlu menuju ke Odaiba dan perjalanan menuju Taman Sumida, Asakusa berlangsung sekitar 50 menit dengan biaya sekitar 1.560 yen atau Rp 211.138. Ada 2 hingga 4 kapal yang berangkat setiap jam.

Suijo bus salah satu alternatif paling populer karena kapalnya dilengkapi dengan jendela yang bisa menyaksikan panorama.

Anda akan melewati jalur Sungai Sumida yang membentang dari Asakusa ke taman Hama Rikyu. Sumida Park adalah tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat di kota Taito.

Sumida Park juga merupakan salah satu tempat utama untuk menikmati bunga sakura. Mengapa tidak mampir saat Anda berada di dekat Asakusa atau Tokyo Skytree?

Taman tepi sungai ini memberikan Anda sebuah tempat istirahat yang tenang setelah seharian berkeliling di wisata-wisata Asakusa yang ramai.

Setelah berjalan-jalan di kota Asakusa yang lalu lalang, Sumida Park menjadi tempat bersantai yang sempurna karena menawarkan pemandangan Tokyo Sky Tree yang menjulang tinggi. Pastikan Anda bisa mengunjungi taman ini selama musim bunga sakura.

Alasan Mengunjungi Taman Sumida

Meskipun bukan menjadi salah satu wisata terpopuler di Asakusa, Sumida Park ini menjadi salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu datang mengunjungi taman Sumida.

1. Spot Foto dengan Angle yang Unik-unik

Sekitar 100 meter dari pintu masuk taman, yang terletak di dekat tempat keberangkatan “Tokyo Cruise”, Anda bisa menyaksikan bangunan Tokyo Skytree yang menjulang tinggi di taman ini.

Pemandangan dengan angle ini banyak disukai oleh para fotografer karena memang menghasilkan gambar yang sangat indah. Foto dari tempat ini akan menjadi satu-satunya bidikan unik tentang Tokyo Skytree.

Di seberang sungai, Anda juga bisa melihat gedung Asahi Beer Hall, yang konstruksi bangunannya menyerupai cangkir minuman emas berbusa.

2. Melihat Bunga Sakura Bersemi

Dengan sekitar 500 pohon sakura yang hadir di taman, Anda bisa pemandangan bunga sakura dari sungai. Pemandangan menjadi semakin megah saat lampu-lampu yang disematkan di pepohonan menyala ketika malam hari tiba.

Saat musim semi tiba, Anda akan melihat banyak orang duduk di atas tikar sambil makan dan minum. Adapula beberapa keluarga yang menghabiskan waktu di taman dengan merenungkan makna hidup serta bermain musik, bernyanyi, dan tertawa bersama untuk sekadar menikmati momen pribadi.

Beberapa orang membawa bawaan yang banyak dan rumit untuk menghabiskan musim semi di Sumida Park. Namun adapula yang lebih suka tidak membawa apa-apa.

3. Tempat Diadakannya Festival Bunga Sakura

Selama musim semi, taman ini dipenuhi dengan bunga sakura yang indah. Taman Sumida bahkan menjadi lokasi diadakannya Festival Bunga Sakura tahunan atau Ohanami Matsuri. Bunga sakura yang bersemi adalah simbol yang menandai awal resmi musim semi.

Jadi, Sumida Park ini bukan hanya wisata yang digunakan untuk sekadar jalan-jalan saja. Bagi orang Jepang, Ohanami Matsuri mencerminkan sifat kehidupan yang fana dan keindahannya yang singkat.

Ohanami Matsuri yang diselenggarakan di taman ini adalah waktu yang tepat untuk masyarakat Jepang mengenang kampung halaman mereka, memikirkan keluarga dan teman-teman atau bahkan kekasih di masa lalu. Taman ini menjadi tempat untuk merenungkan apapun hal penting dalam hidup.

Festival musiman ini biasanya berlangsung dari 16 Maret hingga 7 April, tergantung pada cuaca dan kapan jenis pohon sakura Someiyoshino mekar

4. Tempat untuk Menonton Pertunjukan Kembang Api

Pada akhir Juli, Taman Sumida adalah salah satu tempat terbaik untuk menonton pertunjukan kembang api terpopuler di Tokyo.

Banyak keluarga yang menghabiskan waktu di taman ini untuk menyaksikan meriahnya pertunjukan kembang api terbesar di Tokyo. Pemandangan pohon ceri dan kembang api musim panas di taman ini melengkapi wisata Anda di Sumida Park.

5. Destinasi Wisata yang Tenang dengan Berbagai Macam Tumbuhan

Di Sumida Park ini, ada banyak sekali jenis pepohonan yang dibudidayakan selain sakura. Budidaya dilakukan agar semua pohon mekar dalam satu waktu dalam kondisi yang sama.

Hampir semua tumbuhan yang ada di taman ini tumbuh sangat cepat, memiliki banyak kelopak bunga, dan mekar sebelum daunnya bertunas, menutupi seluruh pohon.

Beberapa tumbuhan bahkan bisa bersemi hingga 20 meter secara horizontal, membuat pemandangan di taman ini menjadi sangat mengesankan. Pepohonan yang ada di taman ini dibuat menyerupai formasi besar seperti awan sehingga ketika musim gugur, kelopaknya bisa berjatuhan seperti salju.

Setidaknya ada sekitar 600 pohon yang ada di Sumida Park dan membentang sekitar 400 meter di sepanjang sungai Sumida. Tunas membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari untuk mekar sepenuhnya. Dalam bahasa Jepang ini disebut mankai. Pohon-pohon hanya mekar sekitar seminggu.

Taman Sumida adalah tempat yang sangat tepat untuk melihat bunga sakura. Berkunjung ke taman ini memberikan pengalaman yang benar-benar unik dan menakjubkan. Terletak di jantung kawasan wisata Shitamachi pusat kota tua Tokyo, taman ini merupakan tempat yang sempurna untuk beristirahat.