5 Toko Menarik di Pertokoan Bawah Tanah Asakusa

Pertokoan Bawah Tanah Asakusa

Saat pergi ke daerah Asakusa, tempat-tempat seperti Nakamise dan Kuil Sensoji pasti selalu menjadi destinasi yang muncul di benak banyak wisatawan. Namun, tahukah Anda bahwa ada sebuah destinasi menarik di Taito, yaitu pertokoan bawah tanah Asakusa.

Asakusa Underground Shopping Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan mini yang ada di bawah tanah. Anda yang ingin berburu souvenir ataupun street food, ada banyak kedai yang bisa Anda telusuri. Wah, jadi penasaran apa saja sih yang bisa dilihat di Asakusa Underground Shopping Mall?

Sejarah Pertokoan Bawah Tanah Asakusa

Asakusa Underground Shopping Mall dibangun pada tahun 1955 dan menjadi bangunan bangunan tertua yang tersisa di Jepang. Setelah penutupan mall bawah tanah Miharabashi, mall ini menjadi yang tertua di area Tokyo.

Dibuka pada tahun 1955, maka pusat pertokoan ini sudah beroperasi selama 65 tahun. Pertokoan ini dipenuhi dengan suasana nostalgia Jepang pada zaman dahulu.

Masyarakat Jepang mengatakan bahwa menelusuri Asakusa Underground Shopping Mall seolah-olah seperti melakukan perjalanan kembali ke Era Showa (1926-1989). Di kawasan pertokoan ini, Anda akan menelusuri lorong panjang sambil melihat berbagai toko-toko yang menjual makanan dan barang lainnya.

Setidaknya, ada 23 toko di Asakusa Underground Shopping Mall yang terdiri dari:

  1. Tempat makan Yakisoba
  2. Toko DVD
  3. Restoran Thailand
  4. Tukang cukur
  5. Toko berbagai barang dengan diskon besar-besaran
  6. Peramal
  7. Toko Qigong
  8. Percetakan dll

Masing-masing toko berukuran kecil sekitar 33 meter persegi. Makanan atau barang yang dijual di Asakusa Underground Shopping Mall hampir semuanya terjangkau.

Lokasi Pertokoan Bawah Tanah Asakusa

Asakusa Underground Shopping Mall adalah pusat perbelanjaan yang menyenangkan untuk dijelajahi. Aksesnya juga cukup mudah, hanya 2 menit berjalan kaki dari Stasiun Asakusa dengan jalur Tokyo Metro Ginza Line.

Asakusa Underground Shopping Mall merupakan pusat perbelanjaan bawah tanah di Asakusa yang terletak di , Hanakawado, Taito, Tokyo, 111-0033.

Pertokoan bawah tanah Asakusa ini memang tidak begitu populer dan lokasinya juga tidak mencolok, sehingga sekilas tidak terlihat. Dikarenakan lokasinya yang terpencil ini, maka Anda perlu pengamatan yang cermat untuk melihat pintu masuknya.

Pintu masuk menuju Asakusa Underground Shopping Mall bisa Anda lihat dengan mudah di depan gedung perbelanjaan EKIMISE (Stasiun Kereta Api Tobu Asakusa), yang mengarah ke kereta bawah tanah Asakusa.

Turun saja menggunakan tangga dan Anda akan melihat banyak toko yang berjejeran di kawasan ini. Asakusa Underground Shopping Mall sendiri sangat dekat dengan Stasiun Asakusa, beberapa jalur yang bisa digunakan untuk sampai ke kawasan pusat pertokoan ini selain Tokyo Metro Ginza Line adalah:

  1. Toei Asakusa Line
  2. Tobu Isesaki Line (Tobu Skytree Line)
  3. Tsukuba Express

Jika Anda suka pengalaman berbelanja di tempat yang penuh nostalgia, Asakusa Underground Shopping Mall adalah tempat yang sangat menarik. Cukup sulit menemukan tempat retro semacam ini di Jepang, sehingga pilihan terbaiknya hanya di mall bawah tanah Asakusa.

Toko Menarik di Pertokoan Bawah Tanah Asakusa

Di Asakusa Underground Shopping Mall, Anda bisa menemukan banyak restoran yang murah tapi lezat dan juga toko-toko menarik. Beberapa restoran atau toko yang bisa Anda kunjungi ketika menyusuri Asakusa Underground Shopping Mall adalah:

1. Monju

Monju adalah salah satu toko yang menjual beberapa macam makanan Jepang yang terkenal. Toko ini sangat populer. Saat jamnya makan siang toko ini akan ramai oleh pengunjung, jadi ada baiknya jika Anda berkunjung di luar jam makan siang.

Beberapa menu yang populer di Monju adalah mie soba dan asari udonnya. Soba adalah adalah salah satu makanan khas Jepang. Biji soba dihaluskan dan digiling menjadi bubuk, kemudian dicampur dengan air dan diremas menjadi adonan mie tipis yang panjang lalu direbus dan dimakan.

Sementara asari udon atau clam udon adalah makanan ringan, menyegarkan, dan menyehatkan. Makanan ini terdiri dari kaldu seafood dan topping kerang dashi, sehingga sangat lezat dinikmati ketika cuaca sedang dingin.

2. Fuku-chan

Selanjutnya, ada restoran yang terkenal dengan yakisoba dan kari-nya, yakni Fuku-chan. Salah satu menu restoran ini yang paling populer adalah yakisoba dengan saus kari dan kakiage. Yakisoba sendiri adalah mie yang ditumis versi Jepang.

Mienya dimasak dengan irisan daging dan ditambahkan banyak sayuran, lalu dilapisi dengan saus spesial. Nah, yang membedakan Yakisoba khas Fuku-Chan dengan lainnya adalah kuah khasnya dari bumbu kari.

Sementara kakiage adalah sejenis tempura, terbuat dari bawang bombay yang dipotong halus, udang, dan sayuran lainnya. Kakiage sangat pas ditambahkan ke atas soba, sehingga menjadi hidangan yang lebih sempurna.

3. Tanbo

Tanbo adalah sebuah izakaya, dimana Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang murah tapi enak. Suasana retro-nya akan membuat Anda merasa seperti kembali ke Jepang tahun 1960-an. Izakaya sendiri pada dasarnya adalah bar ala Jepang.

Jadi, Tanbo ini seperti bar dengan menyajikan sake (arak Jepang) dan beberapa menu hidangan kecil untuk ngemil sambil minum. Di Tanbo, Anda dapat memesan makanan dan minuman serta berkumpul dengan teman-teman untuk menghabiskan malam.

Beberapa cemilan yang terkenal di Tanbo adalah edamame, eihire, dan yakitori. Kalau edamame pasti sudah tidak asing lagi? Kacang polong yang hampir mirip dengan buncis ini menjadi camilan pembuka di setiap izakaya.

Sementara eihire adalah sirip ikan yang dibakar dan biasanya disajikan dengan mayones. Sedangkan yakitori bisa dibilang makanan pokok di setiap izakaya. Yakitori adalah potongan ayam yang dipanggang di atas tusukan kayu dan diberi bumbu shio (garam) atau tare (saus gurih manis).

4. Kamezushi

Kamezushi merupakan sebuah restoran sushi yang disukai oleh mereka yang tinggal dan bekerja di Asakusa. Restoran ini terkenal dengan sushinya yang lengkap dengan harga terjangkau dan lezat. Sushi pada dasarnya adalah nasi dengan seafood di atasnya.

Beberapa jenis sushi yang disajikan di toko makanan satu ini adalah:

  • Nigiri-sushi, irisan ikan di atas nasi yang kemudian digulung.
  • Maki-sushi, sushi yang digulung dengan roti.
  • Chirashi-sushi, ikan, dan makanan lainnya yang disajikan di atas semangkuk nasi asam.
  • Sashimi, irisan ikan yang disajikan dengan semangkuk nasi di sampingnya.

5. Montee

Terakhir, adalah Montee, restoran tempat Anda bisa mengkonsumsi makanan Thailand yang super pedas. Montee adalah tempat makan yang sangat terkenal di antara restoran Thailand di Tokyo, meskipun lokasinya ada di pertokoan bawah tanah Asakusa.

Menu populer yang disajikan di Montee adalah mie tom yum goong dengan rasa asam pedasnya yang menyegarkan. Selain itu, adapula menu Tom Kha Kai, sup santan berisikan ayam yang sangat pedas. Bagi yang pecinta pedas bisa mengunjungi restoran Montee ini.

Selain 5 restoran populer yang tercantum di Asakusa Underground Shopping Mall, adapula barbershop yang menawarkan layanan potongan rambut dengan harga miring, peramal, dan banyak toko souvenir menarik lainnya. Di sana Anda dapat menemukan barang-barang unik.

Setelah mengunjungi tempat wisata umum, seperti Kuil Sensoji dan Kaminarimon, mengapa tidak mencoba menjelajahi pusat pertokoan bawah tanah Asakusa? Dijamin perjalanan Anda ke Jepang akan sempurna dengan berkunjung ke sana.