Andesu Matoba: 7 Cemilah Khas Jepang di Asakusa

Andesu Matoba: 7 Cemilah Khas Jepang di Asakusa

Saat ke luar kota atau luar negeri, Anda pasti mencari tempat membeli oleh-oleh atau makanan khas daerah tersebut. Demikian juga jika memutuskan untuk berkunjung ke Jepang, tepatnya di daerah wisata Asakusa. Ada salah satu toko yang tidak boleh dilewatkan di sini, yakni Andesu Matoba.

Walaupun di Asakusa banyak toko camilan lainnya, namun Matoba memiliki ciri khas makanan yang jarang dijual di toko lain. Tidak heran jika pengunjungnya sangat ramai, baik dari masyarakat lokal sendiri, ataupun wisatawan luar negeri.

Sejarah Andesu Matoba

Matoba adalah salah satu toko makanan khas Jepang yang ada di daerah Asakusa. Toko ini didirikan sejak tahun 1980. Menu roti berpadu isian kacang merah menjadi menu andalan yang pertama kali dikembangkan.

Perpaduan kedua bahan ini tidak bisa lepas dari sejarah didirikannya, di mana pendirinya adalah salah seorang anggota keluarga yang biasa memproduksi kacang merah. Ide pembuatan roti muncul saat keluarga tersebut menikah dengan wanita pembuat roti.

Dengan memadukan keahlian membuat roti dengan produksi kacang tanah, maka lahirlah roti manis pertama yang isiannya menggunakan bahan kacang tanah tadi. Kekhasan rasanya muncul karena kacang merah yang dipakai adalah warisan turun-temurun sejak tahun 1923.

Menu yang Dijual

Bagi penggemar roti manis, Matoba bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Di sini  tersedia banyak jenis roti manis dengan beragam isi yang memiliki rasa khas. Bahkan di luar Asakusa, roti ini agak sulit ditemukan.

Namun camilan yang dijual di sini tidak hanya roti saja. Ada juga minuman seperti kopi, beberapa pasta, sandwich, dan manisan kacang yang memiliki rasa lezat.

Sementara itu, beberapa menu favorit yang banyak diminati pelanggan di toko roti ini adalah :

1. Koshi Anpan

Merupakan menu populer sekaligus bersejarah di toko ini. Koshi Anpan merupakan roti berisi pasta kacang merah halus dari Hokaido. Menu ini sudah ada sejak didirikan hingga saat ini, tetapi tetap menjadi menu andalan toko yang menjadi favorit banyak pelanggan.

2. Meron Anpan

Saat membuka anpan dengan pasta berwarna hijau, orang mengira bahwa pasta ini rasa melon. Padahal, warna hijau hanya sebagai pemanis saja. Pastanya berasal dari kacang hijau yang sangat manis dan segar. Rasa melon justru bisa dirasakan dari rotinya yang cukup lembut dan renyah.

3. Nishoku Mamepan

Menu yang satu ini memiliki ciri khas dari adanya dua warna pada isiannya. Ada pasta kacang merah dan kacang manis di dalamnya. Selain itu, terdapat juga beberapa butir kacang polong utuh yang menggoyangkan lidah saat dimakan  bersamaan dengan roti pembungkusnya.

4. Kusadango Anpan

Kusadango Anpan biasanya banyak diminati oleh pembeli dari mancanegara. Ini disebabkan karena adanya aroma yang harum dan khas pada roti. Teksturnya juga mirip dengan kue beras yang banyak dijual di Jepang. Isian Kusadango juga berupa kacang merah dipadukan dengan gyuhi.

5. Ogura Anpan

Berbeda dengan tekstur anpan lainnya, ogura justru memiliki tekstur yang lebih kasar. Ini sengaja diciptakan untuk mengimbangi ukuran roti yang lebih tebal. Isian roti ini juga sangat tebal yang terbuat dari kacang dengan warna kehitaman mirip cokelat.

6. Uguisu Flower

Sesuai namanya, bentuk dan tampilan roti mirip dengan bunga. Isian pastanya berwarna hijau karena berasal dari kacang hijau yang dihaluskan. Sementara rotinya terasa kenyal saat digigit karena berasal dari gandum yang sudah mengembang dengan sempurna.

7. Kurogoma Anpan

Menu yang satu ini cocok untuk pengunjung yang suka makan dengan porsi besar atau banyak. Ukuran roti sangat tebal didukung dengan pastanya yang lebih keras berwarna hitam. Bagian permukaan roti ditaburi dengan wijen hitam yang memiliki aroma dan rasa yang  khas.

Ciri Khas Toko

Hampir semua toko camilan di Jepang menggunakan jendela kaca yang mendominasi bangunan. Demikian juga dengan Matoba. Namun perpaduan jendela kaca dan tembok menyerupai batu bata lebih menekankan kesan klasik dalam toko.

Saat pertama kali memasuki toko, ada etalase kaca yang cukup besar tepat di bagian depan. Di dalamnya dipamerkan banyak jenis roti yang ditawarkan kepada pelanggan. Pengunjung yang datang bisa memesan dengan menunjuk roti tersebut, selanjutnya koki akan langsung membuatkannya.

Kursi dan meja di ruangan ini juga didominasi oleh bahan kayu untuk mendukung kesan klasik yang ditekankan oleh toko.

Lokasi Andesu Matoba

Lokasi Andesu Matoba cukup mudah ditemukan.  Kalau kebetulan sedang mengunjungi Kuil Sensoji, maka lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Toko Matoba menghadap ke persimpangan jalan Kototoi.

Toko Matoba mudah dikenali dari desain tokonya yang mirip bangunan klasik retro dengan perpaduan jendela kaca dan tembok bata. Nama toko tertulis jelas di bagian atas menggunakan huruf Jepang.

Bagi pengunjung mancanegara yang tidak mengerti tulisan Jepang juga bisa mengenali toko dengan mudah. Ini disebabkan karena ada tulisan kecil di bagian bawah nama toko yang menggunakan ejaan bahasa Inggris bertuliskan Matoba.

Kelebihan Andesu Matoba

Saat memutuskan untuk mengunjungi toko roti di Asakusa ini, ada beberapa kelebihan yang akan dirasakan oleh pengunjung, di antaranya :

  • Ada puluhan variasi roti anpan yang  bisa dipilih.
  • Tersedia ruangan yang nyaman untuk pelanggan yang ingin bersantai di dalamnya.
  • Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni tidak melebihi 200 yen.
  • Lokasi strategis dan mudah dijangkau.

Bagi Anda yang berencana untuk berlibur ke Asakusa Jepang, wajib mengunjungi Andesu Matoba untuk merasakan camilan bersejarah khas daerah ini. Tidak perlu khawatir akan kehalalannya, karena isian roti menggunakan bahan organik seperti kacang dan tumbuh-tumbuhan.